Tahap Design Inovasi

Tahap Design Inovasi

Selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 24-26 Oktober 2018, bertempat di Gedung Ing Ngarso Sung Tulodho, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia menyelenggarakan Tahap Design Inovasi Kegiatan Laboratorium Inovasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan Tahun 2018.

Acara dibuka oleh Bapak Sekda Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si pada hari Rabu, 24 Oktober 2018. Dalam sambutannya, Bapak Sekda berpesan agar seluruh peserta mampu membuat sebuah rencana aksi dari setiap ide inovasi yang mereka gagas pada tahap diagnose.

Rencana aksi inovasi mengandung 6 poin utama yang disingkat menjadi askabb (apa, siapa, kapan, apa, bagaimana, dan berapa).

Poin pertama yakni apa, berisikan step by step kegiatan/aktivitas yang dilakukan dalam mengimplementasikan ide inovasi sejak awal hingga evaluasi. Kegiatan tersebut bisa berbentuk diskusi dan perancangan sistem, koordinasi, konsultasi, ujicoba, dan lain sebagainya.

Poin kedua yakni siapa, berisikan keterangan mengenai aktor atau stakeholder yang ikut melaksanakan tiap kegiatan atau langkah yang telah dibuat sebelumnya..

Poin ketiga adalah kapan, berisikan keterangan mengenai jadwal tiap-tiap kegiatan tersebut dilakukan. 

Poin keempat adalah apa, berisikan keterangan mengenai output dari masing-masing kegiatan/aktivitas.

Poin kelima adalah bagaimana,  berisikan keterangan mengenai cara atau metode yang digunakan dalam melaksanakan tiap-tiap kegiatan/aktivitas.  

Poin keenam adalah berapa, berisikan keterangan mengenai berapa besaran biaya dan sumber anggaran pada masing-masing kegiatan/aktivitas.

Related Posts

Komentar